Indikator
  • Undercontruction

Jangan Lewatkan Pemanasan Sebelum Olahraga, Ini Manfaatnya

Home / Kesehatan / Jangan Lewatkan Pemanasan Sebelum Olahraga, Ini Manfaatnya
Jangan Lewatkan Pemanasan Sebelum Olahraga, Ini Manfaatnya ILUSTRASI - Olahraga pagi (FOTO: rula)

BATAMTIMES, JAKARTA – Pemanasan sering dilewatkan saat akan berolahraga. Padahal faktanya, sesi pemanasan merupakan tahap penting dalam olahraga agar tubuh siap untuk aktifitas fisik yang sesungguhnya.

Sesi pemanasan umumnya merupakan kombinasi dari latihan kardio ringan, peregangan (stretching), dan penguatan otot (strength training). Latihan kardio bertujuan untuk meningkatkan aliran darah, suhu tubuh, dan laju jantung. Sedangkan peregangan akan mempersiapkan otot tubuh untuk melakukan gerakan-gerakan saat aktivitas fisik yang sesungguhnya.

Ketika otot-otot mulai rileks dan hangat setelah melakukan kedua latihan tersebut, barulah boleh dilakukan latihan penguatan otot. Latihan dapat berupa gerakan melompat atau sprint (lari cepat), yang bertujuan untuk meningkatkan intensitas aktivitas secara perlahan dan mencegah cedera.

Dilansir dari Klik Dokter, pemanasan yang terstruktur dengan baik akan meningkatkan aliran darah, suhu otot, serta suhu dan inti tubuh, sehingga kontraksi dan relaksasi otot lebih cepat dan lebih bertenaga. Tak hanya itu, aliran oksigen pun menjadi lebih baik. Hasilnya laju metabolisme dan pembakaran kalori tubuh meningkat. Semua proses ini memiliki efek positif terhadap performa seseorang dalam berolahraga.

Selain itu, dengan pemanasan peluang cedera akibat berolahraga juga dapat dikurangi. Hal ini karena pemanasan membuat otot dan sendi menjadi lebih fleksibel. Pemanasan akan melemaskan ikatan-ikatan jaringan penyambung pada otot dan sendi, sehingga lebih siap menghadapi gerakan-gerakan yang bersifat tiba-tiba.

Melihat manfaat pemanasan sebelum berolahraga, sebaiknya luangkan waktu 10-30 menit untuk pemanasan. Mulailah pemanasan dengan gerakan-gerakan ringan meningkatkan suhu otot dan inti tubuh sehingga Anda berkeringat. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com