Indikator
  • Undercontruction

Agar Terhindar dari Diare, Lakukan Hal Ini

Home / Kesehatan / Agar Terhindar dari Diare, Lakukan Hal Ini
Agar Terhindar dari Diare, Lakukan Hal Ini ILUSTRASI. Sakit perut karena diare. (FOTO: livestrong.com)

BATAMTIMES, JAKARTA – Musim hujan membawa berbagai dampak untuk kesehatan, seperti flu, demam, dan diare. Pada kasus diare saat musim hujan, kondisi ini terjadi akibat infeksi virus, bakteri, maupun parasit akibat kebersihan lingkungan yang tidak dijaga.

Menurut dr. Sara Elise Wijono, angka kejadian diare meningkat hingga 30 persen di awal musim hujan. Ini karena air hujan dapat ‘menyapu’ materi feses dan kotoran yang tertumpuk di tanah selama musim kering, sehingga membuat sumber air atau sesuatu yang berada di sekitarnya terkontaminasi.

Diare biasanya hanya berlangsung selama beberapa hari. Namun pada sebagian kasus, penyakit ini bisa bertahan hingga berminggu-minggu. Jika sudah seperti ini, penderita dapat mengalami dehidrasi, yang jika tidak segera ditangani bisa berujung pada kematian.

Musim hujan memang tidak bisa dihindari, namun bukan berarti sederet penyakit berbahaya yang menyertai tidak bisa dicegah. Dalam hal pencegahan diare saat musim hujan, berikut beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan, dilansir dari Klik Dokter.

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com