Indikator
  • Undercontruction
Pemilu 2019

Survei Pemilu 2019: Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Masih Kuat

Home / Politik / Survei Pemilu 2019: Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Masih Kuat
Survei Pemilu 2019: Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Masih Kuat Joko Widodo dan Prabowo Subianto. (FOTO: Detiknews)

BATAMTIMES, JAKARTA – Elektabilitas Joko Widodo dan Prabowo Subianto masih kuat untuk menjadi capres pada Pemilu 2019.

Menurut Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda, berdasarkan survei yang digelar pada 27 Januari-3 Februari 2018, elektabilitas mereka tidak terlalu berbeda dengan survei sebelumnya pada November 2017. Jokowi, 45-57 persen, sementara Prabowo sebesar 20-33 persen.

"Di luar dua figur tersebut, semua tokoh elit politik lama yang pernah tampil dan baru yang muncul dalam dinamika elektoral tiga tahun terakhir elektabilitasnya kurang dari lima persen," kata Hanta di Jakarta, Minggu (18/2/2018).

Namun, kata Hanta, meski elektabilitas Jokowi jauh di atas Prabowo, posisi Jokowi masih belum aman karena elektabilitasnya masih di bawah 60 persen.

Sementara, untuk calon Wakil Presiden, survei tersebut menunjukkan bahwa ada enam nama yang muncul yakni Jusuf Kalla, Agus Harimurti Yudhoyono, Gatot Nurmantyo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Muhaimin Iskandar dan Khofifah Indar Parawansa.

"Kalau Jusuf Kalla masuk dalam bursa cawapres, maka dia tetap menjadi figur paling kuat dibanding figur lainnya," katanya. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com