Indikator
  • Undercontruction

Wah, Mendongeng Memiliki Manfaat untuk Tumbuh Kembang Anak Lho

Home / Gaya Hidup / Wah, Mendongeng Memiliki Manfaat untuk Tumbuh Kembang Anak Lho
Wah, Mendongeng Memiliki Manfaat untuk Tumbuh Kembang Anak Lho Orang tua menceritakan dongeng untuk anak. (FOTO: BBC)

BATAMTIMES, JAKARTA – Pernahkah Anda mendongeng untuk anak? Ternyata dongeng dapat membuat anak lebih cerdas lho. Dongeng yang disampaikan oleh orang tua untuk anaknya mampu memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang sang buah hati.

Oleh karena itu, kebiasaan mendongeng dianggap penting untuk dilakukan orang tua kepada anak dalam segala kesempatan, terutama menjelang tidur. Berikut manfaat mendongeng untuk kecerdasan anak, dilansir dari Klik Dokter.

1. Kemampuan Mendengarkan
Hampir seluruh anak memiliki daya atensi yang rendah dan kerap sulit untuk berkonsentrasi pada sesuatu dengan waktu relatif. Jika itu terjadi, mereka akan memilih untuk lebih banyak bicara dibandingkan mendengar.

Mendongeng adalah salah satu upaya membuat anak memiliki kemampuan atensi, mendengar, dan memahami secara tenang atas apa yang diceritakan atau disampaikan pihak luar.

2. Daya Kreativitas dan Imajinasi
Mendengarkan dongeng, membantu anak mengimajinasikan karakter, tempat, plot, dan sebagainya, ketimbang melihat suatu medium secara visual. Selain daya imajinasi, sang anak juga kelak akan lebih terbuka pada segala macam ide dan berpikir secara bebas.

3. Mudah Menyerap Pelajaran Akademis
Bila orang tua menjadikan dongeng sebagai rutinitas sehari-hari, hal ini akan membuat sang anak semakin mudah dalam menyerap apapun ketika mulai sekolah dan membaca buku pelajaran. Hal ini terjadi karena di dalam otaknya, sang anak mampu menarasikan sesuatu dengan baik karena sudah terbiasa dengan mengimajinasikan dongeng yang diceritakan.

4. Komunikasi yang Lebih Baik
Usia anak-anak adalah masa dimana timbul pertanyaan dalam benak karena rasa penasaran yang tak habis-habis. Namun terkadang, pertanyaan yang diajukan kerap acak dan tak terstruktur, sehingga Anda sebagai orang tua sering bingung dalam menghadapinya.

Menurut dr. Kartika Mayasari, membacakan dongeng bisa menjadi salah satu cara untuk mengasah kecerdasan linguistik anak. Lewat mendongeng, anak akan memiliki kesabaran dan mempelajari seni berbahasa dan berkomunikasi yang baik mulai dari bertanya, memaparkan pemikiran, hingga berpendapat. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com