Indikator
  • Undercontruction

4 Langkah Mudah Menurunkan Kolesterol

Home / Kesehatan / 4 Langkah Mudah Menurunkan Kolesterol
4 Langkah Mudah Menurunkan Kolesterol Kolestrol. (FOTO: Bengkung Moden)

BATAMTIMES, JAKARTA – Tingginya jumlah kasus penyakit jantung dan stroke menjadikan masyarskat semakin sadar pentingnya mengontrol kolesterol dalam tubuh. Hal ini karena dua masalah kesehatan tersebut juga bisa disebabkan oleh kolesterol tinggi. Adakah cara yang mudah dan efektif untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh?

Mengontrol ataupun menurunkan kadar kolesterol jahat tidak harus dengan obat-obatan. Ada cara alami yang ternyata juga efektif mengontrol kolesterol dalam tubuh. Dilansir dari Dokter Sehat, berikut cara alami dan midah mengontrol kolesterol dalam tubuh.

1. Mengonsumsi Minuman Jeruk
Rajin mengonsumsi minuman jeruk ternyata bisa menurunkan kolesterol. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa rutin mengonsumsi minuman segar ini tiga kali dalam sehari selama 1 bulan bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) hingga 21 persen dan menurunkan kolesterol jahat hingga 16 persen.

2. Menambah Asupan Omega 3
Sering-seringlah mengonsumsi daging ikan seperti tuna atau sarden yang kaya akan omega 3. Kandungan ini ternyata bisa menurunkan kolesterol tinggi dengan signifikan. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi ikan sebanyak 1.000 miligram asam lemak omega 3 dalam sehari.

3. Mengonsumsi Oatmeal
Oatmeal yang kaya akan serat bisa menurunkan asupan lemak dari makanan yang kita konsumsi. Dengan rutin mengonsumsi oatmeal sebanyak setengah atau satu cangkir setiap hari, maka kadar kolesterol jahat bisa menurun hingga 12-24 persen.

4. Aktif Bergerak
Salah satu kunci menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh adalah dengan berolahraga secara teratur setidaknya selama 30 menit secara rutin. Tak perlu olahraga yang susah atau mahal, berlari, bersepeda, atau menggunakan alat olahraga di pusat kebugaran sudah cukup untuk menurunkan kolesterol tubuh.

Dengan melakukan berbagai hal tersebut, maka risiko untuk terkena masalah kolesterol, penyakit jantung, dan stroke bisa ditekan dengan signifikan. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com