Indikator
  • Undercontruction

Yuk Intip Tips Mudik dengan Kereta Api saat Hamil

Home / Peristiwa - Nasional / Yuk Intip Tips Mudik dengan Kereta Api saat Hamil
Yuk Intip Tips Mudik dengan Kereta Api saat Hamil Tips Mudik Menggunakan Kereta Api (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

BATAMTIMES, JAKARTAMudik Lebaran menjadi hal yang khas dilakukan di akhir bulan Ramadhan. Bagi Anda yang sedang hamil, sebaiknya lebih hati-hati jika akan mudik. Lakukan persiapan yang tepat agar kehamilan Anda tidak terganggu selama mudik menggunakan kereta api.

Pilihan kendaraan untuk mudik saat ini sudah beragam mulai dari mobil, bus, kereta api, kapal laut, hingga pesawat terbang. Bagi ibu hamil, angkutan Lebaran yang cenderung aman adalah kereta api. Mengapa?

Mudik dengan kereta api bisa membuat ibu hamil lebih santai meskipun tidak secepat menggunakan pesawat. Jika ibu hamil bosan, bisa berjalan-jalan di dalam gerbong kereta. Selain itu, goncangan saat kereta api berjalan juga tidak sekencang naik mobil atau bus.

Meski cenderung aman, ada tips khusus yang perlu diperhatikan ibu hamil saat mudik menggunakan kereta api.

Bila Anda mau mudik dengan kereta api, usahakan untuk memesan tempat duduk yang dekat dengan toilet. Terutama bila Anda sering mengalami mual dan muntah selama kehamilan. Lagipula, ibu hamil memang biasanya jadi lebih sering buang air kecil.

Kalau perjalanan dengan kereta api cukup lama, siapkan bekal berbagai makanan sehat untuk di jalan atau untuk sahur dan buka puasa.

Anda juga bisa melakukan berbagai peregangan ringan selama perjalanan. Misalnya memutar-mutar bahu atau badan dan melakukan peregangan kaki. Peregangan kaki cukup mudah dilakukan, angkat kaki Anda dan tekuk ke arah perut kemudian luruskan ke depan (selonjor) lalu turunkan lagi. Ulangi pada kedua kaki selama beberapa kali.

Selama mudik Lebaran, pastikan kondisi Anda dan kandungan dalam keadaan sehat. Hindari membawa barang terlalu banyak dan jangan mudik sendirian untuk menghindari hal-hak yang tidak diinginkan. (*)

Berita Terkait

Komentar