Indikator
  • Undercontruction

Pejabat dan Mantan Pejabat Pemkot Batu Daftar Caleg

Home / Politik / Pejabat dan Mantan Pejabat Pemkot Batu Daftar Caleg
Pejabat dan Mantan Pejabat Pemkot Batu Daftar Caleg Kepala BKPSDM, Wiwik Sukesih mengadu nasib di dunia politik. (FOTO: M Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

BATAMTIMES, BATUPejabat dan mantan pejabat Pemkot Batu ramai-ramai mencalonkan diri sebagai calon legislatif (caleg) dalam Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2019 mendatang.

Pejabat Pemkot Batu yang mendaftarkan diri menjadi caleg adalah Kepala Badan Kepegawaian dan Sumberdaya Manusia (BKPSDM), Wiwik Sukesih.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu ini sudah mengajukan pensiun dini untuk kepentingan pencalonannya sejak beberapa saat lalu.

“Masa pensiun saya sebenarnya masih bulan Juli tahun 2019 nanti, saya akan pensiun maju dan mundur saat DCT (Daftar Calon Tetap) nanti,“ jelas pejabat  senior Pemkot Batu ini, Rabu (11/7/2018).

Rencananya ia akan mencalonkan diri sebagai Caleg di Kota Malang. Hanya saja, Wiwik masih enggan mengungkapkan lewat partai mana ia akan mencalonkan diri.

Undang-undang nomor 17 tahun 2017 tentang Pemilu memang membolehkan TNI, Polri dan ASN untuk maju menjadi calon kepala daerah mau pun calon legislatif dengan syarat mereka harus mengundurkan diri saat penetapan calon.

Hal ini dimanfaatkan oleh para pejabat untuk mengadu nasib di dunia politik. Selain Wiwik, ada juga mantan pejabat Pemkot Batu yang mencalonkan diri, yakni tidak lain Budi Santoso.

Mantan staf ahli Wali Kota di era kepemimpinan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko ini mencalonkan diri sebagai caleg DPRD Provinsi Jatim lewat PDIP.

Berbeda dengan Wiwik, mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu ini memang sudah pensiun beberapa bulan lalu.

“Pengalaman saya di pemerintahan, adalah sebuah set yang bisa saya dilanjutkan lagi di lembaga legislatif, artinya wawasan, pengalaman dan pengetahuan saya menjadi aset untuk saya,” ujar laki-laki yang akrab dipanggil Tosi ini.

Tosi optimistis pengalamannya di bidang pemerintahan ini membuatnya layak untuk dipilih menjadi wakil rakyat.

“Bukannya sombong, ibarat pilot saya punya jam terbang yang tinggi, hingga nanti setelah saya jadi, saya bisa memberikan kontribusi yang besar di legislatif, dene gak kepilih yo wes (kalau pun tidak terpilih, ya sudahlah), “ ujarnya.

Tidak ada persiapan khusus yang dilakukan Tosi selain dekat dengan masyarakat. Kini ia masih dalam proses melengkapi berkas-berkas pencalonannya.

“Berkas sudah selesai tinggal pengadilan saja. KPU masih belum percaya kalau saya orang baik, karena itu saya harus mencari surat keterangan tidak pernah terlibat korupsi,” ujarnya setengah bercanda.

Sebagai informasi, jadwal tahapan pendaftaran caleg untuk Pileg 2019 dilakukan pada 4-17 Juli 2018.(*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com