Indikator
  • Undercontruction

Jangan Tunggu Hingga Parah, Segera Atasi Sembelit dengan 5 Buah Ini

Home / Kesehatan / Jangan Tunggu Hingga Parah, Segera Atasi Sembelit dengan 5 Buah Ini
Jangan Tunggu Hingga Parah, Segera Atasi Sembelit dengan 5 Buah Ini Ilustrasi - Tips mengatasi sembelit (FOTO: forumsehat.com)

BATAMTIMES, JAKARTA – Sembelit disebabkan oleh beberapa faktor, namun sering kali menyebabkan sistem pencernaan bergerak lambat. Jika tak segera diatasi, sembelit bisa bertambah parah. Bagaimana cara mengatasi sembelit?

Nah, beberapa buah berikut bisa membuat sembelit yang kamu alami lebih cepat sembuh. Apa sajakah itu? Berikut 5 buah yang bisa mengatasi sembelit, dilansir dari Boldsky.

1. Kiwi

Sebuah studi menemukan, orang-orang yang gemar mengonsumsi kiwi secara rutin dalam empat minggu memiliki saluran pencernaan yang lebih lancar. Sebab, kiwi dianggap dapat melunakkan feses.

Kiwi juga mengandung enzim actinidain yang berperan dalam memperlancar pencernaan.

Studi lainnya yang dilakukan para peneliti di Taipei juga mengungkapkan, konsumsi dua buah kiwi per hari bisa memperlancar proses pencernaan.

Setiap kiwi mengandung sekitar 2,5 gram serat serta banyak vitamin dan mineral, antara lain Vitamin K, C dan E, potasium, dan folat.

Kadar serat dan air yang tinggi membuat kiwi menjadi buah yang baik untuk pencernaan. Tambahkan kiwi di pada pola makanmu bersama dengan sayuran, buah dan kacang untuk memastikan kamu mengkonsumsi cukup serat guna mencegah sembelit.

2. Apel

Apel mengandung sekitar 1,2 gram serat yang mudah diserap dan 2,8 gram serat yang tidak dapat diserap.

Serat yang dapat diserap biasanya disebut pectin. Pectin berperan sebagai laksatif yang dapat terfermentasi oleh bakteri untuk membentuk rantai asam lemak pendek yang berfungsi menarik air dari usus besar.

Dengan begitu, feses bisa menjadi lebih lunak dan waktu cerna pun menjadi lebih cepat.

Lebih jauh, apel juga mampu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus.

Mengonsumsi apel dengan kulitnya juga sangat bermanfaat karena mengandung banyak serat. Kamu bisa menambahkannya pada bubur maupun sereal.

3. Pir

Pir kaya akan serat. Pir berukuran sedang mengandung sekitar 5,5 gram serat dan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi rutin.

Pir bisa membantu meredakan konstipasi karena memiliki kandungan fruktosa dan sorbitol yang berlimpah.

Fruktosa akan bekerja di usus untuk menarik air dengan proses osmosis dan menstimulasi bowel movement atau gerakan usus.

Di sisi lain, sorbitol tidak terlalu mudah diserap dan bekerja sebagai laksatif dengan menarik air ke dalam usus lalu menstimulasi bowel movement.

4. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C dan serat yang bisa membantu memadatkan feses. Satu buah jeruk diketahui mengandung 3,1 gram serat.

Beberapa studi yang tercatat, mengungkapkan bahwa jeruk adalah sumber naringenin yang baik. Naringenin adalah flavonoid yang berperan sebagai laksatif.

Menurut pusat riset Departemen Pertanian Amerika Serikat, memakan serat-serat putih di antara daging jeruk memberikanmu manfaat serat yang maksimal.

Direkomendasikan untuk memakan buah utuh ketimbang mengolahnya menjadi jus.

5. Pisang

Pisang sangat umum dikonsumsi dan dikenal mampu meredakan sembelit karena kaya akan serat. Serat yang terkandung dalam pisang mampu menyerap air dari usus besar sehingga melunakkan feses.

Lebih jauh, pisang mampu melancarkan buang air besar dan memperlancar sistem pencernaan. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com