Indikator
  • Undercontruction

Awas! Kebiasaan Mendengkur Tingkatkan Risiko Penyakit Ini

Home / Kesehatan / Awas! Kebiasaan Mendengkur Tingkatkan Risiko Penyakit Ini
Awas! Kebiasaan Mendengkur Tingkatkan Risiko Penyakit Ini Ilustrasi - Tidur mendengkur (FOTO: friendspwrc)

BATAMTIMES, JAKARTAKebiasaan mendengkur saat tidur memang terlihat sepele, tapi bisa berefek buruk bagi kesehatan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan mendengkur bisa meningkatkan risiko seseorang kena penyakit kronis seperti stroke.

Dilansir dari Hello Sehat, hampir 40 persen kasus penyakit stroke terjadi ketika pasien sedang tidur atau waktu satu jam setelah bangun tidur. Kemudian, studi lain memaparkan bahwa intensitas dengkuran seseorang berkaitan dengan aterosklerosis karotis yakni penyempitan arteri di leher karena endapan lemak atau plak. Penyakit ini jika semakin buruk bisa menyebabkan stroke.

Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada International Stroke Conference menunjukkan bahwa kualitas tidur yang buruk bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami stroke. Orang yang berisiko dengan stroke dari penelitian ini adalah mereka yang sering mengantuk di siang hari serta yang memiliki kebiasaan mendengkur.

Dr. Douglas Bradley, juru bicara Canadian Heart and Stroke Foundation di Toronto menjelaskan, jika kebiasaan tersebut dilakukan sebanyak 200 sampai 400 kali, tekanan darah bisa meningkat. Tekanan darah tinggi ini bisa meningkatkan risiko terkena stroke.

Kebiasaan mendengkur menjadi ciri khas bahwa Anda memiliki gangguan tidur, yaitu sleep apnea. Penyakit ini biasanya terjadi pada orang dewasa sebelum stroke terjadi. Selain mendengkur, sleep apnea bisa menghentikan napas seseorang saat tidur sehingga pasien bisa bangun dengan kaget dan napas terengah-engah. Kondisi ini bisa mengurangi jumlah oksigen mencapai otak sehingga berisiko stroke. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com