Hilang dan Muncul Lagi, Ada Apa dengan Kanal YouTube Calon Sarjana?

Home / Berita / Hilang dan Muncul Lagi, Ada Apa dengan Kanal YouTube Calon Sarjana?
Hilang dan Muncul Lagi, Ada Apa dengan Kanal YouTube Calon Sarjana? Kanal Calon Sarjana di YouTube

TIMESBATAM, JAKARTA – Kanal Calon Sarjana sempat menghilang dari YouTube pada Rabu (22/1/2020) lalu, namun muncu lagi sehari kemudian, atau tepatnya pada Kamis (23/1/2020). Ada apa gerangan?

Menghilangnya kanal YouTube dengan 13 juta pelanggan itu rupanya tak lepas dari kasus plagiarisme konten yang menghebohkan beberapa waktu lalu.

Adalah JT, YouTuber mancanegara yang mengungkapkan hal itu lewat videonya berjudul 'i terminated a YouTuber with 13 MILLION Subs...'. JT pula yang mengajukan copyright strike terhadap kanal Calon Sarjana yang ia tuding mencuri konten miliknya.

Menggandeng beberapa pihak untuk melakukan tiga copyright strike sesuai aturan, JT sukses meyakinkan YouTube adanya pelanggaran hak cipta yang berbuntut penutupan kanal Calon Sarjana.

Pihak Calon Sarjana sendiri sudah meminta maaf secara terbuka dan menghapus video yang dianggap mencuri konten tersebut, namun dengan klaim JT tersebut mereka tak bisa berbuat banyak.

Meski demikian, kanal Calon Sarjana kembali muncul di YouTube setelah mereka mengganti nama kanal Calon Ilmuwan - yang merupakan milik mereka namun dengan subscriber jauh lebih sedikit, menjadi Calon Sarjana. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com