Menkes RI Imbau Masyarakat Gunakan Rasionalitas Hadapi COVID-19

Home / Berita / Menkes RI Imbau Masyarakat Gunakan Rasionalitas Hadapi COVID-19
Menkes RI Imbau Masyarakat Gunakan Rasionalitas Hadapi COVID-19 Menteri Kesehatan Republik Indonesia Terawan Agus Putranto saat ditemui di Kota Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Fokus Berita

TIMESBATAM, MALANG – Menteri Kesehatan Republik Indonesia RI (Menkes RI) Terawan Agus Putranto mengimbau masyarakat untuk menggunakan rasionalitas menghadapi Virus Corona atau COVID-19.

Ia menegaskan bahwa penyebaran penyakit menular masih menjadi masalah di hampir setiap negara, tak terkecuali Indonesia. Khususnya COVID-19 yang kini ramai diperbincangkan masyarakat.

"Gak perlu takut dan paranoid tapi harus dihadapi dengan rasionalitas," katanya saat memberi Kuliah Umum tentang Ketahanan Kesehatan Nasional di Universitas Brawijaya (UB) Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (28/2/2020).

Soal pemakaian masker, menurut Terawan malah bukan solusi yang tepat. Penggunaan masker secara besar-besaran justeru menimbulkan masalah baru.

Anjuran World Health Organization (WHO) bahwa hanya orang sakit yang perlu menggunakan masker. Jika semua menggunakan, ia menyontohkan jutaan masyarakat yang akan membuat sampah dari hasil bekas pemakaian masker tersebut

"Alau semua takut dan pakai masker semua, bayangkan sampah bekas masker itu dibuang, sudah berapa ton sampah masker yang diproduksi," ujarnya.

Rasionalitas dan kejujuran masyarakat, sambung dia, perlu ditingkatkan kembali. Namun ia juga meminta masyarakat untuk tetap menjaga kewaspadaan.

"Prevent dan detect harus dilakukan dengan baik dan semangat yang tinggi. Caranya rutin cuci tangan dan tingkatkan imunitas," tegas Menkes RI. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com