Tips Mudah Agar Anak Mau Makan Daging

Home / Berita / Tips Mudah Agar Anak Mau Makan Daging
Tips Mudah Agar Anak Mau Makan Daging Ilustrasi Anak Makan Daging. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESBATAM, JAKARTA – Selain sayuran, makan daging juga tak kalah penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Anak yang tidak suka makan daging berisiko kekurangan gizi seperti protein, zat besi, dan vitamin B proses tumbuh kembang anak pun bisa terhambat. Bagaimana jika anak tidak suka makan daging?

Berikut ini kiat khusus agar anak mau makan daging, dilansir dari Hello Sehat.

1. Selalu mendorong anak untuk makan daging

Jika anak tidak suka memakan daging karena rasanya, jangan coba membiarkan tanpa pernah membuatnya mencoba. Pakar nutrisi Judy More menyarankan setiap mengonsumsi daging Anda bisa menawarkannya pada anak untuk menyicip beberapa potongan kecil.

Dengan begitu, si kecil perlahan-lahan akan mengenali rasanya. Semakin sering ia mencoba, maka semakin besar kemungkinan ia akan suka makan daging.

2. Buat kreasi menu daging

Anda bisa mengombinasikan daging dengan beberapa jenis makanan lainnya, terutama makanan yang menjadi favorit si kecil. Cobalah untuk menyajikan makanan tersebut dengan lebih atraktif sehingga bisa menarik perhatian si kecil.

3. Sajikan daging dalam tekstur yang lebih halus

Penyebab anak menolak makan daging belum tentu disebabkan karena memang tak suka makan daging. Si kecil mungkin kesulitan untuk mengunyah makanan yang keras dan tebal karena pertumbuhan gigi yang belum sempurna.

Untuk membantu anak yang kesulitan mengunyah daging, Anda bisa mengolah daging ke dalam potongan kecil, sebesar biji-bijian, sehingga teksturnya lebih halus.

4. Berikan menu daging lebih sering

Menurut Debby Demory-Luce, ahli nutisi dari Baby Center, anak-anak yang berusia 1-3 tahun membutuhkan 13 gram protein per harinya. Daging memang dapat memenuhi asupan protein tersebut, namun daging bukanlah satu-satunya sumber protein utama.

Selain makan daging, More turut menambahkan agar tubuh anak semakin mudah menyerap lebih banyak zat besi, Anda bisa memberikan makanan yang kaya akan vitamin C, seperti buah-buahan dan sayur.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com