Pendaftaran CPNS 2019 Segera Dibuka, Perhatikan Formasi dan Syaratnya

Home / Berita / Pendaftaran CPNS 2019 Segera Dibuka, Perhatikan Formasi dan Syaratnya
Pendaftaran CPNS 2019 Segera Dibuka, Perhatikan Formasi dan Syaratnya Ilustrasi penerimaan CPNS

TIMESBATAM, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Kemenpan RB RI) segera membuka kembali pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) untuk periode 2019. 

Dari rilis Kemenpan RB RI, pengumuman seleksi CPNS tahun ini akan dilaksanakan setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 atau minggu keempat Oktober 2019 mendatang.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan mengatakan alokasi yang disediakan untuk CPNS 2019 sebanyak 197.111 formasi. Dari jumlah itu, ada 37.854 formasi untuk instansi pusat dan 159.257 formasi instansi daerah.

Dari semua formasi itu, ada empat yang akan diberikan porsi besar dalam CPNS kali ini yaitu sebagai berikut

  • Guru sebanyak 63.000-an formasi
  • Tenaga kesehatan (bidan, dokter, dokter gigi, perawat, dan sebagainya) sebanyak 31.000-an
  • Tenaga teknis fungsional 23.000-an formasi
  • Tenaga teknis lainnya 28.000-an formasi

Menurut Ridwan, terkait formasi selain kesehatan dan pendidikan tetap akan dialokasikan. "Kurang lebih yang berlatar pendidikan selain itu (humaniora, sosial, teknik), itu pasti akan dibutuhkan," paparnya sembari menambahkan jika ia belum bisa memberikan keterangan rinci mengenai jumlah dari formasi-formasi tersebut.

Instansi-instansi sendiri akan mengumumkan pengadaan CPNS setelah mendapatkan jatah formasi dari Kementerian PAN-RB. Pengumuman pengadaan CPNS ini akan memuat informasi mengenai jabatan yang kosong, jumlah formasi setiap jabatan, persyaratan setiap jabatan (termasuk syarat pendidikan minimal), tata cara dan waktu pendaftaran.

Untuk itu, Kemenpan RB RI mengimbau mereka yang berminat mengikuti pendaftaran CPNS 2019 agar mempersiapkan dokumen yang diperlukan sembari menunggu pengumuman resmi. Adapun, dokumen itu di antaranya, pas foto, scan ijazah, transkrip nilai, KTP, Kartu Keluarga dan sejumlah dokumen lainnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com