7 Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat

Home / Gaya Hidup / 7 Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat
7 Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat Ilustrasi.

TIMESBATAM, JAKARTA – Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, daya ingat seseorang semakin lama akan semakin menyusut. Keadaan ini sangat wajar terjadi dan tidak ada yang salah dengan kesehatan otak Anda.

Daya ingat sangat penting fungsi dan penggunaannya karena dengan adanya daya ingat maka kegiatan, belajar dan bekerja menjadi mudah fungsinya. Berikut beberapa kebiasaan yang baik untuk dilakukan agar daya ingat bisa terjaga.

1. Olahraga yang teratur

Olahraga merupakan kegiatan yang bisa meningkatkan daya ingat otak. Dengan berolahraga seluruh tubuh akan bekerja dan juga terlatih sehingga tidak akan mengalami ketumpulan fungsi. Selain itu dengan olahraga aliran darah akan berjalan lancar.

Olahraga meningkatkan sistem peredaran darah. Bahkan latihan sehari-hari yang sederhana tapi rutin seperti berjalan cepat dapat meningkatkan kinerja jantung dan oksigenasi otak. Sedangkan daya ingat dibutuhkan kinerja otak. Cukup dengan berolahraga selama 20 menit setiap hari, Anda juga bisa menerapkannya dengan cara berenang, lari ringan atau bersepeda setiap harinya.

2. Perhatikan asupan gizi

Otak tentu perlu asupan makanan yang baik agar kemampuannya tetap terjaga. Konsumsilah makanan seperti sayuran hijau, ikan yang mengandung asam lemak omega-3, teh hijau, dan kacang-kacangan, dan makanan yang mengandung vitamin untuk otak agar fungsi otak lebih terjaga.

Selain itu, kurangi atau batasilah minuman beralkohol. Penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah berlebihan dapat berdampak buruk pada fungsi kognitif (proses berpikir) dan memori.

3. Cukup istirahat

Tidur berperan penting dalam menjaga fokus dan kemampuan mengingat. Saat tidur, ingatan seseorang akan menyusun kembali informasi dari hal-hal yang sudah terjadi. Cukup istirahat akan membuat tubuh bugar, juga terhindar dari stres.

Biasanya, orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam untuk tidur. Selain itu, tidur yang berkualitas dan cukup dapat membantu daya ingat untuk mempelajari sesuatu hal yang baru.

4. Memainkan Permainan

Permainan dibuat tidak hanya untuk menghibur dan mengisi waktu kosong. Bermain ternyata bisa meningkatkan kinerja otak dan daya ingat. Apalagi permainan sekarang ini sudah dikategorikan untuk masing-masing bagian kinerja otak, seperti konsentrasi, daya ingat, refleksi dan lainnya. Anda bisa menemukan berbagai permainan otak dalam aplikasi di smartphone.

Lakukanlah cukup 20 menit saja per hari, karena jika terlalu sering dilakukan, otak akan terbiasa dan Anda akan kecanduan. Bermainlah untuk menghibur dan menyenangkan tubuh dari kegiatan yang super padat.

5. Bergaul dan Bersosialisasi

Bergaul ternyata bisa meningkatkan daya ingat. Bersosialisasi dan bergaul mengasah otak untuk mengingat momentum atau kejadian dan orang-orang yang ada didalamnya. Manfaatkan konsep supel dan mudah bergaul. Jangan menjadi orang yang anti sosial karena Anda tidak akan tahu dunia.

Kerugian lainnya adalah tidak bisa mencoba langsung seberapa hebat daya ingat Anda sebenarnya. Misalnya bagi para anti sosial akan sulit mengingat teman saat masih di sekolah dasar.

6. Sering Membaca

Mungkin salah satu kebiasaan ini ada yang menyukainya ada juga yang tidak. Karena bagi beberapa orang membaca merupakan hal yang membosankan dan juga membuat Anda mudah mengantuk. Padahal semakin banyak membaca maka daya ingat semakin terasah.

Mengikuti sistem pisau semakin diasah akan semakin tajam, maka otak akan ikut terasah jika semakin membaca. Luangkan waktu,  walaupun hanya untuk membaca hal-hal kecil seperti artikel atau berita sekilas yang sering ada pada ponsel pintar sekarang ini.

7. Meditasi

Pikiran yang sedang stres bisa mempengaruhi kinerja otak untuk mengingat. Dalam jangka panjang, stres dapat merusak sel otak dan melemahkan daya ingat. Anda perlu berpikir jernih dan tetap tenang untuk mencegahnya dan menjaga otak tetap sehat.

Rutin melakukan meditasi selama tiga bulan terbukti dapat meningkatkan daya ingat. Selain baik untuk kinerja otak, melakukannya selama 25 menit perhari juga bisa meningkatkan mood Anda. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com