Kopi Kental Dapat Mengatasi Sakit Maag? Mitos atau Fakta

Home / Gaya Hidup / Kopi Kental Dapat Mengatasi Sakit Maag? Mitos atau Fakta
Kopi Kental Dapat Mengatasi Sakit Maag? Mitos atau Fakta ILUSTRASI - Minum Kopi. (FOTO: Blibli.com)

TIMESBATAM, JAKARTAKopi kental dapat diminum oleh penderita sakit mag karena tidak membahayakan? Bahkan katanya bisa menjadi upaya penyembuhan. Bagaimana faktanya? Berikut ulasannya dilansir dari Klik Dokter.

Sakit mag atau gastritis adalah peradangan pada lapisan dinding lambung. Peningkatan asam lambung merupakan faktor utama munculnya mag. Ketika produksi asam lambung berlebihan dan mukosa lambung terpapar terus-menerus dengan asam, dapat terjadi pembentukan ulkus atau luka pada lapisan lambung.

Kopi dapat menyebabkan peningkatan produksi asam lambung. Melalui mekanisme ini, bayangkan bila hal tersebut terjadi pada penderita mag. Tentu akan memperburuk kondisi kesehatan lambungnya. Lalu, bagaimana dengan kopi kental yang katanya baik bagi penderita mag?

Pada prinsipnya, semua jenis kopi tetap mengandung kafein dan asam klorogenat. Kedua zat tersebut mempunyai peran penting dalam meningkatkan produksi asam lambung, yang menjadi faktor risiko terjadinya sakit mag.

Sesungguhnya hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi kopi –termasuk kopi kental, dapat mengatasi sakit mag.

Bagi penderita mag yang ingin menikmati kopi, pilihlah kopi dengan kadar kafein dan asam klorogenat yang rendah. Seperti kopi dengan rendah kafein (decaffeinated coffee), kopi yang melalui proses sangrai lama (dark roast coffee), kopi yang didinginkan (cold brew coffee), ataupun mencampur kopi dengan susu. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com