Pendidikan di Revolusi Industri 4.0, Bagaimana Pemaparannya?

Home / Berita / Pendidikan di Revolusi Industri 4.0, Bagaimana Pemaparannya?
Pendidikan di Revolusi Industri 4.0, Bagaimana Pemaparannya? Suasana dialog interaktif Pendidikan di Revolisi Industri 4.0 digelar di toko buku Togamas, Jl Dieng Kota Malang Jawa Timur, Sabtu (7/4/2018) (FOTO: Istimewa)

TIMESBATAM, MALANGDialog interaktif dengan tema Pendidikan di Revolisi Industri 4.0 digelar di toko buku Togamas, Jl Dieng Kota Malang Jawa Timur, Sabtu (7/4/2018). Prof. Dr. Djoko Saryono guru besar sastra Universitas Negeri Malang menjadi narasumber dalam dialog tersebut.

Dalam pemaparannya Djoko menegaskan di era melinial ini setiap minggu ada 5 pekerjaan baru muncul, namun disaat bersamaan ada 5 pekerjaan baru gugur.

Ia menjelaskan pendidikan harus lebih cepat dari semua teknologi. "Literasi (melek pengetahuan) demokratisasi pengetahuan juga ada bahayanya, karena ada tsunami informasi sehingga mengalami pendangkalan kepahaman, akhirnya copy paste," paparnya.

Dialog-Interaktif-Revolusi-Industri-4-A.jpg

Karena itu ia berpesan agar setiap orang harus memiliki mental yang kuat /karakter untuk menjadi pribadi sesuai dengan cita-cita.

Dialog tersebut dilanjutkan dengan launching Laboratorium Guling. Lab. Guling merupakan tempat/sarana  untuk melakukan diskusi, riset studi, observasi dan eksperimen, utamanya diperankan oleh anggota guru guling dalam melakukan suatu “praktikum”.

Tujuan didirikannya lab Guling ini untuk memperluas kemampuan mengajar serta pengetahuan para guru sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. 

Lab. Guling ini juga dapat digunakan sebagai pusat pembelajaran yang mempertemukan antara guru dengan siswa untuk memecahkan suatu permasalahan. Lab. Guling sebagai sarana kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. 

Lab Guling digagas oleh Tim Guru Keliling yang dikawal oleh PJ Teacher Development Guling Faried Syafii, S.Si, M.Pd dengan kerjasama dengan Toko Buku Toga Mas kota Malang.(*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com