Awas, Terlambat Sarapan Bisa Berdampak Buruk untuk Kesehatan

Home / Gaya Hidup / Awas, Terlambat Sarapan Bisa Berdampak Buruk untuk Kesehatan
Awas, Terlambat Sarapan Bisa Berdampak Buruk untuk Kesehatan ILUSTRASI: (FOTO: Rumah Kimmo)

TIMESBATAM, JAKARTASarapan secara rutin sangat penting untuk kesehatan. Selain itu, sarapan di waktu yang tepat juga tidak kalah pentingnya. Ahli kesehatan menyarankan kita tak terlambat sarapan karena bisa berdampak buruk pada tubuh. Lalu, apa dampak buruk terlambat sarapan untuk kesehatan?  

Menurut studi dalam jurnal Diabetic Medicine,yang dilansir dari Antara, ada hubungan antara obesitas pada penderita diabetes tipe 2 dengan kebiasaan hidup tak sehat, dan terlambat makan pagi menjadi salah faktor pendorongnya.

Terlambat sarapan merupakan faktor risiko baru yang berkaitan dengan tingginya indeks massa tubuh pada penderita diabetes tipe 2.

Studi yang dilakukan Sirimon Reutrakul, profesor endokrinologi, diabetes, dan metabolisme di College of Medicine di University of Illinois, Chicago menunjukkan bahwa terlambat makan menyebabkan pergeseran jam biologis yang mengatur pola siang-malam.

Pergeseran jam biologis dapat mengganggu metabolisme energi dan ini terjadi ketika tubuh tidak merespons insulin dengan baik. Insulin merupakan hormon yang dibuat di pankreas, membantu sel untuk mengambil dan menggunakan gula darah untuk energi. Pankreas lalu mencoba mengkompensasi dengan membuat lebih banyak insulin, hingga akhirnya kewalahan. 

Ini dapat mengakibatkan kondisi yang disebut hiperglikemia, atau gula darah tinggi, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Nah, itulah dampak buruk terlambat sarapan. Jika tak ingin mengalami gangguan kesehatan di atas, pastikan Anda sarapan tepat pada waktunya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com