Kenali 5 Gejala Stroke yang Harus Diwaspadai

Home / Gaya Hidup / Kenali 5 Gejala Stroke yang Harus Diwaspadai
Kenali 5 Gejala Stroke yang Harus Diwaspadai Gejala Stroke. (FOTO: healt)

TIMESBATAM, JAKARTAStroke biasanya baru diketahui setelah seseorang mendapatkan serangan. Sebelum terjadi serangan stroke, gejala yang ditimbulkan sering tidak terlihat atau tidak disadari. Hal ini mengakibatkan risiko terkena stroke semakin besar dan tidak bisa dihindari. Agar bisa terhindar dari stroke, coba kenali lima 'gejala stroke' di bawah ini.

1. Nyeri dan lemak di salah satu sisi tubuh

Pada dasarnya kekuatan tubuh bagian kiri dan kanan memiliki sedikit berbedaan. Namun, perbedaan itu tidak terlalu jauh sehingga Anda tetap bisa menggunakannya secara maksimal. Anda menggunakan tangan kiri atau kanan untuk berbagai kebutuhan dengan kekuatan yang sama.

Kalau Anda merasa ada perubahan kekuatan yang signifikan. Selain itu ada bagian tubuh yang kerap nyeri, bisa jadi itu adalah tanda stroke.

2. Susah membaca dan memahami perkataan

Gejala stroke selanjutnya yang sering diabaikan adalah susah memahami bacaan. Bahkan bacaan yang ringan saja Anda susah mendapatkan intinya. Selanjutnya saat mendengarkan ceramah atau terlibat pembicaraan sering lupa atau gagal fokus.

3. Susah bicara

Terkadang apa yang ada di otak tidak sama dengan apa yang dikeluarkan. Saat bicara Anda sering mengalami gangguan seperti agak belepotan atau bingung mau mengeluarkan kata-kata apa.

4. Sering alami pusing

Pusing biasanya terjadi kalau kondisi tubuh sedang tidak fit atau karena masuk angina. Kalau Anda mendadak pusing tanpa sebab atau karena berpikir terlalu besar, waspadalah. Bisa jadi itu gejala stroke.

5. Punya masalah dengan berjalan

Gejala stroke terakhir yang sering diabaikan adalah masalah berjalan. Ada kalanya Anda kerap jatuh saat berjalan atau agak bergoyang sehingga butuh pegangan.

Jika lima gejala stroke di atas muncul tiba-tiba, segera periksakan kesehatan. Selain mewaspadai tersebut, selalu menjaga pola hidup sehat bisa menjauhkan tubuh dari serangan stroke. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com