BBPP Batu Ciptakan Gasbio untuk Bahan Bakar Alternatif untuk Mobil

Home / Berita / BBPP Batu Ciptakan Gasbio untuk Bahan Bakar Alternatif untuk Mobil
BBPP Batu Ciptakan Gasbio untuk Bahan Bakar Alternatif untuk Mobil Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu, Apri Handono (FOTO: Adhitya Hendra/ TIMES Indonesia)

TIMESBATAM, BATU – Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPPBatu, telah berhasil menciptakan limbah ternak dimanfaatkan untuk energi alternatif (Biogas). Kini, produk tersebut sudah dipakai untuk dua unit mobil yang telah dimodifikasi bahan bakarnya dari bensin ke Gasibo.

Menurut Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu, Apri Handono, BBPP Batu, untuk mengelola suatu peternakan banyak hal yang harus ditangani, salah satu hal penting yang harus direncanakan sejak awal adalah cara menangani limbah ternak.

“Perencanaan penanganan limbah secara baik, kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, dapat dihindari,” jelasnya, seperti dikutip dari website resmi BBPP Batu.

Lebih lanjut Apri Handono menjabarkan, misalnya, muncul berbagai macam penyakit ternak, adanya protes masyarakat sekitar peternakan karena bau tidak enak, dan rusaknya sumber daya air ataupun kondisi lingkungan yang memburuk akibat dari penumpukan limbah.

Dari itu tambah Apri Handono, penanganan limbah yang sudah direncanakan sejak dini oleh BBPP Batu, meskipun mungkin dapat memunculkan biaya yang besar, namun akan terbayarkan.

Mengapa? Karena jelas Apri Handono, pengurangan bahkan meniadakan munculnya penyakit pada ternak atau peternaknya yang diakibatkan oleh kerusakan lingkungan oleh limbah akan segera teratasi. BBPP Batu terus berinovasi.(*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com