Kepala BBPP Batu Ajak Penyuluh Pertanian Berjuang Bersama Petani

Home / Berita / Kepala BBPP Batu Ajak Penyuluh Pertanian Berjuang Bersama Petani
Kepala BBPP Batu Ajak Penyuluh Pertanian Berjuang Bersama Petani 27 peserta mengikuti kegiatan pelatihan dasar bagi penyuluh pertanian angkatan XI tahun 2018 di aula Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. (FOTO: BBPP Batu for TIMES Indonesia)

TIMESBATAM, BATU – Kepala BBPP Batu, Apri Handono MM mengajak para penyuluh pertanian untuk berjuang bersama petani dalam mewujudkan ketahanan pangan bangsa, agar rakyat sejahtera dan makmur.

Ajakan itu disampaikannya saat membuka kegiatan Pelatihan Dasar bagi Penyuluh Pertanian Angkatan XI Tahun 2018, di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Apri mengatakan, penyuluh harus paham dengan teknologi pertanian yang ada dan berkembang. Teknologi berperan dalam meningkatkan produktivitas, serta meningkatkan percepatan tanam.

BBPP-Batu-4.jpg

"Pemahaman tersebut akan berhasil bila kita bekerja dengan baik," ujarnya kepada 27 peserta pelatihan di aula Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo.

Dia mengingatkan, di era global persaingan semakin ketat. Karenanya, dibutuhkan kerja yang fokus dan cepat.

Pun dengan penyuluh pertanian, harus bekerja dengan berorientasi hasil. Terpenting, kata dia, penyuluh harus menguasai wilayah dan potensinya.

BACA JUGA: BBPP Batu Diberi Mandat Melatih 750 Penyuluh Pertanian

Apri mencontohkan, saat ini Kementerian Pertanian sedang giat melakukan gerakan percepatan tanam dan luas tambah tanam.

Untuk itu, penyuluh harus bekerja untuk menggerakan pengolahan lahan dan tanam, serta melaporkan perkembangan data di lapangan.

"Tugas penyuluh tidak hanya meminta data, tapi bagaimana menggerakkan petani untuk bertanam," tegasnya.

Hal senada disampaikan Koordinator Penyuluh Pertanian Kabupaten Purworejo, Panuju Bekti. Dia berharap, pelatihan ini menambah kompetensi sebagai penyuluh. 

"Kita harus berjuang bersama petani untuk mempertahankan ketahanan pangan bangsa, agar rakyat sejahtera dan makmur," ujarnya. 

Seperti diberitakan, 27 calon penyuluh pertanian mengikuti pelatihan dasar yang dibuka Kepala BBPP Batu. Selama 21 hari, sejak Rabu (25/4/2018) kemarin, para ahli dan terampil ini dilatih. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com