Pemkab Jember Komitmen Besarkan IKM

Home / Berita / Pemkab Jember Komitmen Besarkan IKM
Pemkab Jember Komitmen Besarkan IKM Penilaian produk IKM dalam pameran IKM di Pendapa Pemkab Jember. (FOTO: Siti Mukifah/TIMES Indonesia)

TIMESBATAM, JEMBERBupati Jember dr Faida berkomitmen menjadi kepala pemasaran produk lokal Jember melalui program Jember Mandiri bersama Industri Kecil dan Menengah (IKM) Unggulan.

Faida mengatakan bahwa tahun ini, Pemkab Jember memang fokus kepada program tersebut untuk membangkitkan Jember melalui usaha dari IKM yang memproduksi produk lokal Jember. 

Dalam meningkatkan IKM, Pemkab Jember melakukan kerja sama dengan Transmart Carrefour Jember dengan menyelenggarakan temu usaha yang digelar di Pendapa Wahyawibawagraha Jember, Kamis (26/4/2018).

Kepala Disperindag Kabupaten Jember Anas Ma'ruf mengatakan bahwa terdapat kurang lebih 96 IKM yang mengikuti temu usaha dan coaching clinic ini.

Penilaian-2.jpg

Seluruh produk IKM mulai dari makanan dan minuman tersebut akan dinilai satu persatu oleh Satrio Hamid selaku Corporate Communication GM Transmart Carrefour.

"Pelaku IKM yang memenuhi syarat bertemu dengan pelaku usaha yang memang mencari barang-barang lokal untuk dijual di pasar modern," kata Ma'ruf.

Peserta IKM juga mendapatkan coaching clinic, yaitu pelatihan, pendampingan sekaligus evaluasi mengenai produk mereka masing-masing.

"Bimbingan ini tak ada batas waktu, penyuluh akan selalu datang ke tempat mereka secara bergiliran," ujarnya.

Pemasaran produk juga harus memenuhi persyaratan untuk bisa dikatakan layak untuk beredar di pasaran seperti contoh telah layak dari sisi kesehatan atau higienis melalui Pangan Individu Rumah Tangga (PIRT). (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com