Satlantas Bondowoso Gelar Operasi Patuh Semeru 2018

Home / Berita / Satlantas Bondowoso Gelar Operasi Patuh Semeru 2018
Satlantas Bondowoso Gelar Operasi Patuh Semeru 2018 Kasat Lantas, AKP Jalaludin, sedang melaksanakan tugas di kantornya (FOTO: Moh Bahri/ TIMES Indonesia)

TIMESBATAM, BONDOWOSO – Satuan Lalu Lintas (SatlantasBondowoso menggelar operasi Patuh Semeru 2018. Selain untuk mencegah Kecelakaan Lalu Lintas (Laka Lantas), operasi tersebut diupayakan untuk cipta kondisi Jelang pilkada dan kegiatan operasi ketupat. 

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas), AKP Jalaludin, Kamis (26/04/2018).

Masih menurutnya, di tahun-tahun sebelumnya, kebanyakan pelanggaran kalau di Bondowoso, masalah surat-surat dan kelengkapan kendaraan. “ Ada yang protolan, knalpot brong, kemudian spion,” katanya.

Untuk pelanggaran yang demikian, lanjut Jalaludin, akan diamankan motornya. Sementara untuk mengambil harus diganti dengan surat STNK. Tapi tetap kelengkapan motornya harus diperbaiki, seperti ban kecil dan kenalpot brong, harus diganti yang standar, baru bisa dikeluarkan.

Sementara opersi tersebut dimulai sejak hari ini sampai dengan 9 Mei 2018. Sementara prosentase dalam operasi tersebut, giat preemtif 10 persen, giat preventif juga 10 persen, dan giat represif 80 persen.

Semua jenis pelanggaran, akan menjadi target dalam operasi tersebut. Sekitar tujuh jenis pelanggran. Mengemudi sambil main HP, tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI), tidak menggunakan Safety Belt bagi pengendara roda empat, melebihi batas kecepatan, melawan arus, pengemudi di bawah pengaruh miras dan narkoba, dan masih di bawah umur.

Dari data yang diperoleh dari Satlantas Bondowoso, dalam dua tahun terakhir pelanggaran Lalu Lintas di Bondowoso makin naik. Di tahun 2016, ada sekitar 1844 tilang dan 17 teguran, sementara di tahun 2017 ada 2217 pelanggaran. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com