Camat Sumbermalang Bawa Nama Harum Situbondo

Home / Berita / Camat Sumbermalang Bawa Nama Harum Situbondo
Camat Sumbermalang Bawa Nama Harum Situbondo Sopan Efendi, Camat Sumbermalang, Kabupaten Situbondo saat diberikan penghargaan sebagai salah satu camat terbaik di Jawa Timur oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo di Halaman Kantor Gubernur di Surabaya. (FOTO: istimewa)

TIMESBATAM, SITUBONDOCamat Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Sopan Efendi memberikan kado istimewa dan membawa nama harum Kota Santri Bumi Shalawat Nariyah.

Ini setelah Sopan dinobatkan sebagai salah satu camat terbaik di Jawa Timur dan mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. Penghargaan ini diberikan saat Peringatan Otonomi Daerah ke XXII di halaman Kantor Gubernur Jalan Pahlawan no 110 Surabaya, Jumat (27/4/2018).

Gaya kepemimpinan yang familier, komunikatif dan sikap bersahaja menjadi modal utama baginya untuk menanamkan sinergitas baik kepada Forum Kominikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) dan bawahannya, lebih lebih juga kepada elemen masyarakat.

Salah satu pengurus Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Situbondo ini menata Kecamatan yang berbukit jauh dari akses kota dengan kerja keras dan kerja cerdas. Berbagai inovasi ia terapkan.  

Sopan mampu memperkenalkan destinasi wisata yang tersembunyi di kecamatan yang dipimpinnya dengan beberapa acara yang telah dilasanakan seperti Gotada dan terakhir mendukung acara jelajah motor trail di Lereng Rengganis.

Kepada TIMES Indonesia, Sopan menyampaikan bahwa prestasi yang diraihnya berkat dukungan dari Bupati dan Wakil Bupati beserta jajaran pemeintah daerah, Kapolsek Sumbermalang, Danramil Sumbermalang dan dari berbagai elemen masyarakat di Sumbermalang.

"Semoga ini menjadi pemicu semangat warga sumbermalang utk lebih maju lagi untuk menggali potensi yg ada disumbermalang, " katanya.

Bagi Sopan, Kecamatan Sumbermalang bukan lagi kecamatan tertinggal, bukan lagi kecamatan pinggiran yang jauh dari kemajuan. Dengan penghargaan yang diraih ini sudah merupakan bukti bahwa masyarakat Sumbermalang sudah bisa mengharumkan Kabupaten Situbondo.

"Yang telah kita lakukan adalah merubah pola pikir masyarakat Sumbermalang yang selama kurang lebih kurun waktu 35 tahun selalu melekat sebagai daerah yang jauh tertinggal. Bahkan para pejabat yang ditugaskan di daerah bukit, baik TNI dan Polri maupun ASNnya sebagai bentuk hukuman dan dibuang.

"Kita sudah berupaya untuk membuang image itu dengan menjadikan Sumbermalang sebagai kecamatan yang kaya akan destinasi wisata, " tambahnya.

Sejak setelah dilantik menjadi Camat Sumbermalang Sopan berusaha menyatukan lintas sektor untuk menyamakan visi dan misnya. ia menilai bahwa keberhasilan merubah Kecamatan Sumbermalang, Bondowoso tidak bisa dilakukan oleh perorangan atau perinstansi tapi harus dilakukan secara bersama sama. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com