Pilgub Jatim 2018

Survei LKP3 Sebut Program Gus Ipul-Puti Ungguli Khofifah-Emil

Home / Berita / Survei LKP3 Sebut Program Gus Ipul-Puti Ungguli Khofifah-Emil
Survei LKP3 Sebut Program Gus Ipul-Puti Ungguli Khofifah-Emil LKP3 FIA UB merilis hasil survei persepsional program calon Gubernur Jatim 2019-2024 (FOTO: Imadudin M/TIMES Indonesia)

TIMESBATAM, MALANGHasil survei Laboratorium Kebijakan Publik, Perencanaan dan Pembangunan (LKP3) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) mengungkapkan, bahwa pasangan Saifullah Yusuf- Puti Guntur Soekarnoputri (Ipul-Puti) unggul atas Khofifah Indar Parawansa-Emi Dardak (Khofifah-Emil). Uurvei itu adalah persepsional program Calon Gubernur Jatim 2018-2024.

Sekertaris LKP3 FIA UB, Andi Kurniawan menyebutkan, survei melibatkan 835 responden dengan menggunakan pengambilan sampel, multistate random sampling di seluruh wilayah Jawa Timur.

"Secara eletabilitas program Ipul-Puti unggul 45,54 persen sedangkan Khofifah-Emil 43,83 persen, dengan 10,63 persen tak memilih," kata Andi mengungkapkan hasil surveinya di Guest House UB, Selasa (8/10/2018).

Andi mengungkapkan ada 9 program yang disurvei dalam penelitian ini. Sembilan program tersebut merupakan 9 program dari kedua calon meliputi pertanian, pariwisata, infrastruktur, sosial, tenaga kerja, pendidikan, investasi, kesehatan dan eskpor.

Survei ini membandingkan 9 program dengan indikator persepsi yakni, menarik, mudah dipahami, yakin terealisasi, penting dan dibutuhkan, tepat menjawab masalah dan adil menjangkau semua kalangan.

"Hasilnya, Ipul-Puti unggul di program pertanian 46,85 persen, pariwisata 46,13 persen, ketenagakerjaan 46,49 persen, pendidikan 47,94 persen dan investasi 47,16 persen. Sedangkan, Khofifah-Emil unggul di program infrastruktur 45,37 persen dan ekspor 47,37 persen," terangnya.

Untuk program kesehatan dan sosial, kedua paslon meraih hasil imbang yakni 44,5 persen untuk program kesehatan dan 44,7 persen untuk sosial.

Berdasarkan data tersebut, LKP3 FIA UB menyimpulkan bahwa program pasangan Ipul-Puti lebih diterima dibandingan Khofifah-Emil dalam Pilkada Jatim 2018.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com