Hutan Mangrove Kuale Tambak Sukamandi, Magnet Baru Wisata Belitung Timur

Home / Wisata / Hutan Mangrove Kuale Tambak Sukamandi, Magnet Baru Wisata Belitung Timur
Hutan Mangrove Kuale Tambak Sukamandi, Magnet Baru Wisata Belitung Timur Wisatawan sedang menikmati obyek wisata hutan mangrove di Pantai Kuale Tambak Desa Sukamandi Kecamatan Damar Belitung Timur. (FOTO: Bambang Suherly/DJ TIMES Indonesia)

TIMESBATAM, BELITUNG TIMUR – Warga Belitung Timur bisa menikmati nuansa obyek wisata alam yang indah dan sejuk di hutan mangrove yang ada di Pantai Kuale Tambak, Desa Sukamandi, Kecamatan Damar Belitung Timur. Hutan mangrove ini cocok sebagai lokasi rekreasi edukasi bagi keluarga.

Penggagas obyek wisata ini adalah Yudi Amsoni. Pria yang akrab disapa Yudi Senga ini merupakan seorang nelayan bekater di Belitung Timur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Yudi Senga adalah pegiat lingkungan dan pencinta alam ini ingin melestarikan alam dan lingkungan agar tetap lestari khususnya hutan mangrove.

wisata-hutan-mangrove-2.jpg

“Saya mengajak teman-teman nelayan, petani, dan pemuda agar mau melestarikan alam ini. Selain untuk alam, hutan mangrove nanti menjadi destinasi wisata di Belitung Timur,” kata Yudi Senga.

Untuk menarik wisatan, Yudi membangun rumah pohon dan pembibitan mangrove. Saat ini setidaknya sudah ada 20.000 bibit yang disiapkan dari target 30.000 bibit yang akan ditanam dilahan-lahan kritis.

wisata-hutan-mangrove-3.jpg

“Kami memanfaatkan gelas-gelas plastik, botol plastik sampah yang berserakan di tepian pantai. Ada juga yang dari sampah-sampah rumah atau sisa acara-acara. Selain itu. wisata edukasi ini juga dilengkapi dengan fasilitas MCK,” papar Yudi.

Yudi yang juga pengurus Forum DAS Belitung Timur dan Ketua Komunitas akar bakau ini mempunyai banyak impian. Ia berharap, gagasannya ini dapat diterima masyarakat dan pemerintah. “Mari ajak keluarga dan anak kita untuk berkunjung kesini,” pinta Yudi.

wisata-hutan-mangrove-4.jpg

Yudi berharap Pemerintah Daerah Belitung Timur dapat memberikan dukungan terhadap langkahnya tersebut. Terobosan-terobosan dan yang sudah mereka lakukan ini secara swadaya seadanya tersebut kelak dapat meningkatkan kunjungan pariwisata Belitung Timur.

wisata-hutan-mangrove-5.jpg

“Semoga upaya kami ini bermanfaat bagi masyarakat banyak dalam melestarikan alam dan lingkungan agar tetap lestari. Mari kita sayangi Hutan mangrove kita agar bisa bermanfaat sampai ke anak cucu kita nanti ikut turut merasakan dan menikmatinya. Hutan mangrove Kuale Tambak Sukamandi ini merupakan wisata edukasi, pembibitan, sungai, flora dan fauna, pantai dan lautan, lengkap dan harmoni yang ada di Belitung Timur,” jelas Yudi Senga. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com